Pilihan Oleh-oleh Khas Lombok yang Wajib Kamu Bawa Pulang

Merencanakan liburan ke Lombok pasti menjadi hal yang sangat menyenangkan. Dengan segala keindahan destinasi wisata alam, budaya khas, dan kulinernya, Lombok selalu punya daya tarik untuk jadi destinasi wisata.

Lebih dari itu, Lombok juga memiliki beraneka ragam oleh-oleh yang dijamin bisa menjadi buah tangan yang menarik untuk kamu berikan ke orang-orang terdekat. Nah, oleh-oleh khas Lombok apa saja yang wajib kamu beli saat berkunjung ke Lombok? Berikut daftarnya.

Oleh-oleh Khas Lombok

1.Kain Tenun Sasak

Kain tenun sasak menjadi salah satu oleh-oleh khas Lombok yang sangat diminati para wisatawan. Di Lombok, kamu bisa membeli kain tenun sasak langsung dari para pengrajinnya. Biasanya, para pengrajin kain tenun sasak menenun kain di halaman rumah mereka sehingga wisatawan yang datang bisa melihat dan mencoba proses pembuatan kain tenun. Kain tenun sasak biasanya sudah dibuat menjadi beberapa varian, mulai dari syal, pashmina, sampai bahan baju. Oleh karena itu, kain tenun sasak bisa menjadi pilihan oleh-oleh yang wajib kamu beli saat berlibur ke Lombok.

2. Madu Sumbawa

Selain destinasi wisatanya, Lombok juga terkenal sebagai penghasil madu yang memiliki banyak manfaat. Madu sumbawa dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit, seperti sakit perut, radang tenggorokan, luka bakar, sampai membasmi bakteri-bakteri di dalam tubuh kamu. Jika tertarik untuk membeli madu sumbawa untuk dijadikan buah tangan, kamu bisa membelinya di kawasan Montong Gamang, Lombok Tengah. Daerah ini menjadi tempat yang paling sering disambangi para wisatawan untuk mendapatkan madu sumbawa.

3. Mutiara Lombok

Kamu belum sah berkunjung ke Lombok kalau belum mengantongi mutiara khas lombok sebagai buah tangan. Mutiara Lombok memiliki berbagai pilihan warna, mulai dari warna putih, coklat, hitam, dan juga kuning keemasan. Pilihan harganya pun sangat beragam. Jika kamu memilih mutiara asli, tentu kamu harus rela merogoh kocek lebih dalam. Namun, buat yang sudah cukup puas dengan mutiara imitasi, tentu saja harga yang ditawarkan bisa jauh lebih terjangkau.

4. Anyaman Ketak

Jika Desa Sukarara terkenal dengan kain tenun, Desa Beleka yang merupakan sentra industri kerajinan tangan tertua di Lombok punya anyaman ketak yang tidak kalah menarik. Desa Beleka adalah sentra industri Anyaman ketak dibuat dari tanaman liar bernama ketak, lalu dianyam untuk menjadi benda-benda tertentu seperti tas wanita, taplak meja, sampai aneka pajangan rumah.

5. Dodol Rumput Laut

Dodol rumput laut merupakan salah satu oleh-oleh khas Lombok yang cocok untuk kamu berikan kepada semua orang. Untuk keluarga di rumah atau untuk teman-teman di kantor, dijamin oleh-oleh ini tidak ada yang bisa menolak kenikmatannya. Dodol rumput laut memiliki berbagai pilihan rasa, mulai dari rasa mangga, nangka, tomat, sirsak, dan pisang. Harganya pun cukup terjangkau, kamu bisa mendapatkan dodol rumput laut hanya dengan Rp15.000 sampai Rp30.000.

Itu dia beberapa oleh-oleh khas Lombok yang rasanya sayang jika tidak kamu bawa pulang. Mulai dari dodol rumput laut yang nikmat hingga kain tenun sasak yang membuatmu bisa tampil lebih memukau. Jadi tunggu apa lagi? Kamu bisa cek info pesawat ke Lombok dan segera pesan tiket perjalanan kamu di aplikasi Traveloka. Banyak pilihan tiket dari maskapai pesawat dengan harga yang murah dan dijamin aman.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.