Tata Cara Sholat Taubat Lengkap Beserta Niat, Bacaan, dan Doanya

Sebagai manusia yang tidak luput dari kesalahan dan perbuatan dosa, seringkali kita lalai dan berpaling kepada Allah SWT dalam menjalani segala kehidupan serta lebih cenderung mengikuti hawa nafsu semata. Maka dari itu sebagai manusia yang beriman haruslah senantiasa kembali kejalan yang diridhoi oleh Allah SWT dengan melakukan taubat. Salah satu cara untuk menghapus segala dosa atas kelalaian manusia adalah dengan cara bertaubat nasuha.

Taubat merupakan adalah suatu hal yang wajib dilakukan oleh umat Islam ketika melakukan sesuatu hal yang tidak diperbolehkan dalam agama Islam. Dengan harapan semoga kembali dalam kesucian yang diridhoi oleh Allah SWT. Meskipun ada banyak cara untuk mensucikan kembali diri sendiri, namun mendirikan sholat taubat adalah cara paling efekif untuk bertaubat dan kembali mensucikan diri.

Cara Sholat Taubat

Pasalnya selain memohon ampun kepada Allah atas semua kesalahan yang diperbuat, tentunya juga sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah, sehingga akan menambah iman sekaligus ketaqwaan atas Ke-Esaan Allah SWT.

Untuk melaksanakan tata cara sholat taubat ini sebenarnya tidak ada waktu-waktu khusus untuk mengerjakannya. Anda bisa mengerjakannya pada siang hari maupun malam hari setelah sholat isya’, hanya saja kerjakanlah langkah-langkah sholat taubat ini secara khusus dan tenang serta bacaan doa yang baik dan benar.

Bagi yang belum mengetahui bagaimana langkah sholat taubat, pada kesempatan kali ini kami ingin membagikan secercah informasi lengkap terkait tutorial sholat taubat yang baik dan benar sesuai dengan anjuran Nabi Muhammad SAW. Tak perlu berlama-lama lagi, langsung saja inilah penjelasannya untuk Anda.

Tata Cara Sholat Taubat yang Baik dan Benar

Sebenarnya langkah sholat taubat ini sama seperti sholat fardhu dan sholat sunnah pada umumnya dengan jumlah rekaat minimal 2 rekaat dan maksimal 6 rekaat. Hanya saja niat dan makna yang tersirat dari sholat yang didirikan berbeda. Berikut adalah tutorial sholat taubat sesuai dengan kaidah agama Islam.

1. Berwudhu

Berwudhu

Sebelum mendirikan sholat baik itu sholat fardhu maupun sunnah, semua umat muslim yang hendak melaksanakan sholat diwajibkan untuk membersihkan diri dari hadats kecil maupun hadats besar. Oleh karenanya Anda diwajibkan untuk mengambil air wudhu yang baik dan benar terlebih dahulu supaya kembali suci.

2. Membaca Niat Shalat Taubat

Niat Shalat Taubat

Sembari melaksanakan takbiratul ikhram lafazkanlah bacaan niat shalat taubat di dalam hati dengan baik dan benar dengan niat semata-mata untuk mencari pengampunan dari Sang Maha Pengampun.

“USHOLLI SUNNATAT-TAUBATI ROK’ATAINI LILLAAHI TA’AALAA. ALLAHU AKBAR”

Artinya: “Aku berniat sholat taubat dua rekaat karena Allah Ta’alla. Allahu Akbar”

3. Membaca doa iftitah.

4. Kemudian dilanjutkan dengan membaca surah Al-Fatihah dari bismilah hingga akhir dengan khusyu dan tenang sembari menghayati makna yang tersirat dari ayat demi ayat.

5. Setelah selesai membaca surah Al-fatihah, imbangi pula dengan surah-surah pendek di dalam Al-Quran. Jangan lupa untuk terus memfokuskan pandangan dengan mata terbuka dan penuh dengan kekhusyukan.

6. Perbanyaklah doa untuk tidak mengulangi lagi perbuatan yang dilarang oleh Allah SWT dengan penuh kesungguhan ketika bersujud.

7. Lakukanlah tata cara sholat taubat tersebut diatas dengan minimal rekaat 2 dan maksimal 6 rekaat dengan langkah yang serupa.

8. Jangan lupa untuk mengakhiri setiap sholat dengan bacaan salam yang sempurna.

Ketika langkah melaksanakan sholat taubat tersebut diatas selesai dilakukan, alangkah lebih baiknya jikalau perbanyak dzikir dan istigfar kepada Allah SWT. Hal ini tak lain adalah tekat Anda untuk menyesali dan tidak akan mengulangi perbuatan keji tersebut di kehidupan yang akan mendatang.

Bagaimana apakah sudah mengetahui keutamaan sekaligus tutorial sholat taubat yang baik dan benar sesuai dengan anjuran Nabi Muhammad SAW?

Disarankan oleh beberapa ulama untuk mengerjakan sholat taubat di seperempat malam agar lebih kusyuk sekaligus dibarengi juga dengan sholat tahajud agar lebih afdhol. Renungkan dosa-dosa kita di malam itu dan minta ampunlah kepada Dzat Penguasa Semesta.

Tips Khusyu’ dalam Sholat Taubat

Seiring dengan banyaknya aktivitas dunia yang kita lakukan membuat khusyu’ dalam sholat sulit sekali untuk diraih. Padahal, seperti yang kita tahu bahwa sholat merupakan induk dari semua ibadah, dimana jika sholatnya benar maka amalan ibadah yang lain InsyaAllah diterima.

Namun jika sholat kita rusak karena tidak khusyu’ maka hal tersebut juga akan berdampak pada ibadah-ibadah kita yang lain. Kunci khusyu’ dalam sholat adalah konsentrasi, konsentrasi dan konsentrasi. Tips sederhana berikut ini tidak akan pernah berhasil jika sejak awal anda melakukan sholat sudah tidak konsentrasi dan pikiran kemana-kemana.

Maka dari itu, ketika anda memulai sholat, kondisikan diri anda terlebih dahulu agar tenang dan meninggalkan sejenak saja urusan dunia. Disarankan bagi anda untuk berada di masjid atau musholla terdekat sebelum adzan dikumandangkan. Hal ini bertujuan agar anda memiliki waktu luang yang cukup untuk menenangkan pikiran, setelah itu ikuti tips berikut ini:

  1. Melepas alas kaki : lepaskan kepenatan anda dan urusan-urusan dunia untuk sejenak beserta lepaskan juga alas kaki.
  2. Jangan lupa untuk mengucapkan takbir, ingatlah bahwa tiada yang lebih besar kecuali Dzat Allah Swt.
  3. Mengangkat kedua tangan : Sekali lagi, lempar dan buang terlebih dahulu urusan dunia.
  4. Berdiri : Sadar diri bahwa anda sekarang berada di rumah Allah.
  5. Membaca Al-Fatihah : Mulai saat ini pastikan setiap membaca surat Al-Fatihah dan memahami arti di setiap ayatnya. Dengan mengetahui artinya, hal ini akan menambah kekhusyu’an dalam sholat.
  6. Ruku’ : Bungkukkan punggung hanya untuk Dzat yang Maha Kuasa, tundukkan hati dan berserah dirilah pada Allah.
  7. Berdiri dari ruku’ : Segala puji bagi Dzat yang Maha Kuasa yang menjadikkan punggung anda kembali tegak.
  8. Sujud : Letakkan wajah anda tempat yang paling rendah di bumi, yakni tanah. Wajah merupakan bagian tubuh yang paling terhormat, dalam sujud anda, merendahlah di hadapan Allah, Sang Maha Kuasa. Kemudian ucapkan “Subhaana Rabbiyal a’la” (Maha Suci Rabb-ku yang Maha Tinggi) sebanyak 3X dan resapi dalam hati anda.
  9. Duduk lalu lakukan sujud kedua : Bersimpuhlah di hadapan Sang Khaliq dan sujudlah kembali kepada-Nya karena 1 sujud saja tidak cukup!!
  10. Baca Tasyahud seperti biasanya.
  11. Salam ke kanan dan tujukan kepada malaikat pencatat amal kebaikan dan salam kiri sambil berucap dalam hati, “Hai Malaikat yang berada di sebelah kiri, saksikanlah aku telah taubat”

Demikianlah sedikit informasi terkait tata cara sholat taubat yang baik dan benar yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga rilisnya artikel ini mampu memberikan informasi serta ilmu yang bermanfaat untuk seluruh pembaca, terutama untuk Anda yang memang sedang mencari info tersebut.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.